Tujuannya membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
Memahami prinsip-prinsip bisnis
Menata produk
Melakukan negosiasi
Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
Melakukan proses administrasi transaksi
Melaksanakan penyerahan/pengiriman produk
Melakukan penagihan pembayaran
Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
Menemukan peluang baru dari pelanggan
Melaksanakan pelayanan prima
Membuka usaha eceran/ritel
Melakukan pemasaran barang dan jasa
Penanganan konflik
Kompetensi Dasar
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Melakasanakan kerjasama dengan kolega dan pelanggan 1.1. Melaksanakan komunikasi di tempat kerja.
1.2. Memberikan bantuan kepada kolega dan
pelanggan.
1.3. Menjaga standar penampilan diri.
1.4. Bekerjasama dengan tim.
2. Melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda. 2.1. Melaksanakan komunikasi dengan kolega dan pelanggan dari latar belakang yang berbeda
2.2. Menangani kesalahpahaman antar budaya.
3. Menerapkn keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH). 3.1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2. Melaksanakan prosedur K3.
3.3. Menerapkan konsep lingkungan hidup.
3.4. Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
4. Memutakhirkan informasi industri pariwisata. 4.1. Mengidentifikasi informasi tentang industri pariwisata.
4.2. Memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata.
5. Menangani konflik konsumen 5.1. Mengidentifikasi situasi konflik.
5.2. Memberikan solusi / pemecahan situasi konflik.
5.3. Menanggapi keluhan konsumen.
Kompetensi Keahlian
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
6. Melakukan komunikasi melalui telepon. 6.1. Menjawab panggilan telepon/faximile yang masuk.
6.2. Melakukan panggilan telepon.
7. Melakukan prosedur administrasi. 7.1. Memproses dokumen kantor.
7.2. Memelihara sistem data.
8. Memproses reservasi jasa penerbangan udara. 8.1. Menerima permintaan reservasi / permintaan tempat jasa penerbangan udara.
8.2. Memutakhirkan jasa reservasi (up-date data)
8.3. Memberikan saran pada orang lain tentang reservasi secara rinci.
9. Memproses Dokumen perjalanan selain dokumen perjalanan udara. 9.1. Menginterprestasikan informasi yang diperlukan dalam proses dokumen perjalanan.
9.2. Memproses dokumen perjalanan.
10. Memutakhirkan informasi umum bagi pramuwisata. 10.1. Mengumpulkan informasi umum bagi bagi pramuwisata.
10.2. Memutakhirkan informasi umum bagi bagi pramuwisata.
11. Melaksanakan tugas bagi pramuwisata. 11.1. Menerapkan hukum, susila dan persyaratan keselamatan pramuwisata.
11.2. Meningkatkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan kepramuwisataan.
12. Menyusun laporan keuangan. 12.1. Membuat jurnal keuangan.
12.2. Melakukan penyesuaian rekening.
12.3. Membuat laporan keuangan.
13. Menerbitkan tiket penerbangan domestik. 13.1. Menginterpretasikan informasi tiket penerbangan omestik.
13.2. Menghitung tarif penerbangan domestik dan rutenya.
13,3. Memproses dokumen perjalanan udara domestik.
14. Mengoperasikan sistem reservasi komputer. 14.1. Menggunakan informasi sistem reservasi komputer ( CRS ).
14.2. Memproses reservasi melalui Computerized Reservation System ( CRS ).
14.3. Melakukan komunikasi CRS.
15. Menyediakan informasi dan saran mengenai daerah tujuan wisata. 15.1. Menjelaskan informasi tentang daerah tujuan wisata.
15.2. Menyajikan informasi dan saran dan saran tentang daerah tujuan wisata.
16. Mengkoordinasikan jasa-jasa pemasok. 16.1. Mengidentifikasi keperluan pemesanan jasa-jasa pemasok.
16.2. Memintakan ( pemesanan jasa ) layanan wisata.
16.3. Memproses permintaan konfirmasi layanan.
16.4. Melakukan finalisasi pemesanan.
17. Menginterpretasikan informasi produk wisata. 17.1. Mengakses informasi produk wisata.
17.2. Menterjemahkan informasi prosuk wisata.
17.3. Memberikan saran tentang pengetahuan produk wisata.
18. Mengelola perjalanan wisata 18.1. Merencanakan kegiatan wisata.
18.2. Memberikan penjelasanan singkat kepada wisatawan
18.3. Mengelola rencana perjalanan wisata.
18.4. Memberikan informasi dan bantuan umum.
18.5. Mengatasi peristiwa yang tidak diharapkan.
19. Mengemas produk dan jasa Pariwisata. 19.1. Mencari informasi produk dan jasa pariwisata.
19.2. Mengemas produk jasa perjalanan wisata.
20. Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangkatan. 20.1. Melaksanakan transfer keatangan untuk wisatawan rombongan atau perorangan.
20.2. Melaksanakan transfer keberangkatan untuk wisatawan rombongan atau perorangan
21. Menerbitkan tiket penerbangan internasional ( normal dan promosi ). 21.1. Menginterpretasikan informasi tarif penerbangan internasional.
21.2. Menghitung tarif penerbangan internasional.
21.3. Memproses dokumen perjalanan udara internasional.
22. Menyiapkan penawaran harga paket wisata. 22.1. Menghitung biaya produk dan jasa wisata.
22.2. Memberikan penawaran harga paket wisata kepada pelanggan.
22.3. Memutakhirkan penawaran harga paket wisata.
23. Mempresentasikan komentar pemanduan wisata. 23.1. Menyiapkan informasi pemanduan untuk disampaikan kepada pelanggan / wisatawan.
23.2. Menyajikan komentar pemandua kepada
24. Memperbaharui informasi tentang daerah setempat ( lokal ). 24.1. Menjelaskan informasi tentang daerah setempat ( lokal )
24.2. Memperbaharui informasi tentang daerah setempat ( lokal )